Senin, 12 Desember 2016

Tantangan Gerhana Matahari Total

Haloo Bloggersss,
Semoga senantiasa diberkahi sehat dan suksesMulia selalu. :)
Sebenernya mau nulis tentang review event ini jauh hari, tapi apalah daya waktu dan tempat tidak memungkinkan karena ada satu dan lain hal yang rasanya ko selalu memaksa pending nulis. he
Ya, di tema kali ini saya mau berbagi cerita dan pengalaman pribadi dalam kaitan pekerjaan saya mempersiapkan acara yang cukup fenomenal dan menyedot animo masyarakat yang luar biasa, apa nama acaranya?? yaitu Gerhana Matahari Total atau solar eclipse, pada tanggal 9 maret 2016, indonesia beruntung menjadi jalur terjadinya GMT, dimana fenomena ini bisa dibilang sangat langka, karena apa? karena fenomena ini adalah fenomena yang terjadi kurang lebih 30 tahun sekali. dan dari banyak kota yang akan menjadi saksi fenomena ini salah satu lokasi yang cukup sempurna untuk melihat fenomena ini adalah kota palu. kota dimana saat ini saya bertugas sebagai engineer disalah satu operator telekomunikasi terbesar milik bangsa ini. sudah pasti dengan adanya event ini kita sebagai engineer pastilah akan dibuat super busy, karena secara logika bahwa kita harus memberikan pelayanan jaringan telekomunikasi dengan kualitas yang sama bahkan lebih dari biasanya agar semua customer kita merasa nyaman ditengah hiruk pikuk keramaian acara GMT kali ini. it's mean dari sisi network pastilah harus optimal.

Untuk preparation event ini memang saya rasakan sangat sempit, sehingga saya yakin bahwa effort yang akan di lakukan pastilah akan lebih luar biasa. berbeda dengan event-event sejenis sebelumnya yang kurang lebih animo masyarakatnya sama besarnya, tamu mancanegara juga banyak yang pernah saya share juga disini.
oke, tetapi itu bukanlah menjadi soal bagi kami khususnya engineer network kota palu. let's give the best experience for the network. kalo dihitung mundur kita optimal fokus pada event ini sekitar 2 minggu sebelum hari H. Ya hal pertama sebagai engineer tentunya kita harus bisa melakukan adjust untuk spot-spot yang berpotensi di helatnya acara GMT tersebut serta melakukan measurement utilisasi dan kondisi network kita saat ini related dengan site-site surrounding lokasi. setelah  lokasi kita tetapkan haruslah kita define berdasarkan data meas tadi, dan dari sini banyak lah pertanyaan dan solusi yang harus diberikan. beberapa yang harus kita jaga baik-baik ketika ada lonjakan user dilokasi adalah availability dan capacity menurut saya. availability disini artinya bahwa site-site yang kita define tersebut haruslah prima baik dari sisi power maupun kondisi hardware yang intinya bahwa site-site tersebut tidak boleh mati. capacity disini artinya bahwa site-site yang kita define tersebut mampu tidak melayani user yang akan lebih banyak dari kondisi saat ini, bagi orang awam simplenya begini, site kita terdiri dari berbagai macam komponen salah dua nya adalah perangkat radio dan transport. nah kalo dalam perumpamaan kita punya roti sepiring (Piring = capacity transport, Roti = capacity radio), sehingga ketika kita punya roti yang di sajikan untuk 5 orang dalam kondisi biasa, pada saat kondisi acara event kita kedatangan tambahan orang sebanyak 20 orang. ya dari sini lah yang harus kita siapkan yaitu capacity, artinya kita harus memperbesar piring atau memperbanyak piring dan sekaligus menambah rotinya, sehingga tidak ada 1 orangpun yang tidak kebagian roti dan tidak saling berebut. apa yang terjadi jika kita menambah capacity? ya pasti ada orang yang tidak kebagian roti atau bisa jadi berebutan atau dalam realnya orang tersebut bisa jadi tidak terlayani jaringan sehingga akan susah dalam telepon, sms, maupun internet.

Setelah kita define spot-spot tersebut, di ambil kesimpulan bahwa kita harus upgrade site-site eksisting serta menambah 4 buah combat sebagai tambahan atau bantuan site temporary di 3 lokasi titik keramaian. combat tersebut terdiri dari combat ranger, dan 3 buah combat fun. dalam kesempatan event ini juga kota palu alhamdulillah berkesempatan untuk deploy layanan terbaru yaitu 4G LTE. ada sekitar 35 LTE yang berhasil kita gelar dalam rangka menyambut GMT kota Palu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar