Minggu, 03 Januari 2016

Telkomsel Support Event "Sail Tomini 2015"

Selalu menjadi bagian sukses dari suatu kegiatan tentu menjadi keinginan banyak orang maupun group. itulah yang coba saya ingin ceritakan dalam kaitannya kontribusi saya bagi perusahaan tercinta dalam mensupport segala kegiatan yang ada dikota palu dan sekitarnya untuk memberikan layanan komunikasi yang prima bagi pelanggan telkomsel ataupun masyarakat pada umumnya. semoga pada media blog ini saya bisa konsisten memberikan cerita-cerita yang ada hubungannya dengan aktivitas telkomsel dari sudut pandang saya sebagai engineer telkomsel dan ini adalah edisi pertama saya menulis aktifitas saya. hehe
Pada tanggal 19 september yang lalu provinsi sulawesi tengah memiliki sebuah hajatan besar yaitu pagelaran sail tomini  2015 yang puncaknya diadakan di kabupaten parigi moutong kurang lebih 2 jam perjalanan dari kota palu. Sebagai perusahaan jasa telekomunikasi seluler, Telkomsel memperkuat jaringannya untuk melayani pelanggan dan memberikan kenyamanan komunikasi kepada masyarakat , dari banyak jaringan (tower) yang di bangun telkomsel ada 8 titik baru yang dibangun temporary untuk memberikan layanan telkomsel. 8 titik itu ada di daerah kebon kopi dimana daerah tersebut merupakan blank area yang hanya tercover sinyal dibeberapa titik saja. Pada 8 titik tersebut dibangun BTS DCS atau 2G pada frekuensi 1800 Mhz, sehingga masyarakat bisa melakukan komunikasi voice maupun SMS serta data (internet).
Rute Kebun Kopi dengan 8 titik BTS
Bagi orang awam mungkin membangun 8 titik jaringan baru adalah hal yang kurang dimengerti dan terlihat mudah, tetapi percayalah itu bukan hal simple, itu suatu pekerjaan yang butuh effort besar, baik tenaga, pikiran dan biaya. hehe yang jelas untuk mempersiapkan segala hal tersebut telkomsel atau kami engineer telkomsel palu pada khususnya telah melakukan preparation kurang lebih 2 bulan dari jadwal acara puncak baik dari plan catuan power, transmisi dan instalasi. tetapi alhamdulilah kegiatan tersebut bisa berjalan baik dengan dukungan berbagai pihak, dan pada momen tersebut kami juga melakukan sinergi yang sangat baik dengan perusahaan induk yaitu telkom dalam melakukan design transmisi menggunakan fibre optik sepanjang kurang lebih 30 Km yang tidak lain tujuannya hanya untuk menjamin kenyamanan pelanggan telkomsel dalam rangka hajatan besar sail tomini 2015. karena tidak bisa dipungkiri jalan kebon kopi ini adalah jalan darat utama untuk menuju ke lokasi sail tomini, baik menteri, pejabat, dan masyarakat umum akan melewati rute ini. sehingga yang biasanya kurang lebih 1 jam pelanggan akan blank spot atau tidak mendapat sinyal pada acara sail tomini akan full dengan sinyal dan bisa berkomunikasi.

Preparation pemasangan BTS DCS Temporary di kebon kopi
Pemasangan antena 2 sector BTS DCS Telkomsel
di Kebon Kopi
Pemasangan antena 2 sector BTS DCS Telkomsel di Kebon Kopi

Selain titik diatas telkomsel juga membangun 3 Combat (Compact Base Tranceiver) di lokasi acara sailtomini yaitu di pantai kayubura. 3 combat atau mungkin orang awam biasa mengenal dengan istilah penguat sinyal tersebut terdiri dari 1 buat combat fun, 1 buah combat ranger dan 1 buah combat moto. layanan yang diberikan pada masing2 combat tersebut yaitu 2G, 3G Serta 1 buah LTE Trial pada combat moto. Sama halnya dengan pembangunan 8 titik BTS di kebun kopi, untuk persiapan pembangunan combat ini pun lumayan butuh effort besar, bahkan saya sampai hafal jalan kelokasi padahal sekitar 2 jam perjalanan dan itu hampir setiap hari harus pulang pergi. cape? so pasti. tapi happy juga bisa berkontribusi dengan baik. hehe (narsis dikit).
Survey lokasi main venue sail tomini
Combat Fun di lokasi Sail Tomini
Combat Ranger di Lokasi Sail Tomini
Combat Moto di Lokasi Sail Tomini
Selain membangun infrastruktur langsung, kami juga melakukan aktifitas optimalisasi jaringan, dimana optimalisasi jaringan itu tidak hanya dilakukan di main venue, tetapi diseluruh spot spot pendukung acara. beberapa spot kita mark untuk dilakukan optimalisasi jaringan yang concern pada 2 titik utama yaitu airport sis al jufri palu serta hotel-hotel dimana tamu presiden, kementerian, pejabat, duta besar, serta tamu asing maupun domestik yang menginap. sebelumnya ada yang tahu optimalisasi jaringan itu apa? he intinya optimalisasi jaringan adalah melakukan peningkatan kemampuan jaringan atau penguat sinyal, dari yang misalnya muat 100 user menjadi 200 user, dari yang tadinya punya kecepatan download A menjadi 2 x lipat dst. dan the good news is untuk optimalisasi jaringan ini sifatnya permanen, berbeda dengan BTS kebun kopi maupun combat tadi yang bersifat temporary. So, In the end of this story, i wish all of you know that we're always give the best for you, and I hope also what all written in here can explain you more. See You again in My story. :)
Telkomsel sebagai Partner Tunggal Operator penyelenggaraan Sail Tomini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar